PerjuanganKu diNegeri Jiran, Untuk Sebuah Cita-Cita (Part 1)

image

Foto : Suria KLCC Petronas Twin Tower (Cuti hari raya Idul Fitri tahun 2015)

Awal mulanya,
Saat itu, kepulanganKu ke Pulau Jawa bertepatan dengan 6 hari meninggalnya Nenek. Rasa kangen kampung halaman, rasa duka, dan semuanya bercampur aduk. Saat itu, Aku baru menyelesaikan UN 2013 di sekolahKu, SMAN 1 Kalaena Kab. LUWU TIMUR, Prov. SULAWESI SELATAN. Ya, Aku pindah kesana saat memasuki semester 2 tahun kelas 10 SMA 3 LUMAJANG. Kepindahanku,bukan karena dikeluarkan dari salah satu lembaga pendidikan favorit ini. Tapi, karena ada kepentingan keluarga.

Saat itu selesai acara tahlil, Ayah beebicara kepadaKu.
A (ayah), L (saya)
A : Apa rencana selanjutnya setelah lulus SMA ini?
L : Rencananya pengen kuliah sambil kerja.
A : Kuliah di Malang atau di Lumajang saja ambil pendidikan guru.
L : “(seketika itu) Tidak, saya tidak mau. (Asal ngomong, ceplos) Aku ke Malaysia saja, cari uang sendiri untuk biaya kuliahku nantinya.”
A : “(terdiam tanpa jawaban)”
L : “Saya keluar rumah dan merasa bersalah”

Selang 2 hari ayah meneleponku. (Saya selama ini tinggal bersama budhe bukan dengan orang tua)
A : “Dimana?”
L : “Dirumah”
A : “Kapan balik ke Sulawesi? Kapan pengumuman kelulusannya? Sekalianambil ijazahnya, nanti dipakai untuk buat paspor”
L : “(PASPOR????? Terwujud sepertinya) iya nanti tanggal 5.

Singkat cerita, sudah selesai urusan semuanya. Ke surabaya buat paspor dll. Terus nunggu Visa turun, karena saya Permit Calling Visa sekarang. Dan buatnya tidak murah alias mahal puooolll. Mulai dari urus paspor sampai hari keberangkatan, totalnya 6 bulan saya menunggu dirumah. Bayangkan lamanya??? 😂
   Tiba hari “H” tanggal 30 April 2014, pamitan sana-sini, keluarga, saudara, orang tua, pacar? Tidak punya pacar 😂 Jones bro. Sampai sekarang, hampir 3 tahun hahaha. Setelah itu langsung cuss ke Terminal dua Bandara Internasional Juanda Surabaya dengan naik travel dari rumah budhe di Lumajang.
Sampai bandara sekitar pukul 12 tengah hari, dan ternyata penerbangan saya diundur sampai pukul 10 malam. Mampus pikirku. Tempat ini belum begitu saya kenal, karena tempat ini masih baru saat itu. Saya biasanya di terminal satu. Diselah-selah penantian itu, saya mondar mandir sana sini dan akhirnya tertidur di mushola bandara selesai sholat ashar. Bangun dan menunggu teman yang satu agen dengan saya. Kami jumlahnya 36 orang yang akanberangkat dalam satu bendera agency.
21.45 WIB mulai check in dan bla bla bla. Dan akhirnya sudah didalam pesawat Air Asia tujuan Kuala Lumpur tanpa transit. 22.00 WIB pesawat take off dan cuss Kuala Lumpur International Airport (LCCT). Perjalanan ±1 jam 45 menit, sampai Kuala Lumpur pukul 01.00AM waktu Malaysia  atau pukul 00.00 WIB. 1 Mei 2014, Turun dari pesawat dan melalui pemeriksaan imigrasi dan bla bla bla. Setelah itu keluar dan sudah ada teman ayah yang menjemput, namanya Mas Choliq asli kota Patria Blitar bro. Setelah itu pulang kerumah sewa ayah dan kawan-kawannya. Sampai rumah pukul 03.00AM, langsung tidur dan pukul 12 siang baru bangun. Haha i penat lah bro. 😂

Setelah 3 hari sampai, saya langsung kerja disebuah tempat yang namanya Rias Meranti Home Design. 3 bulan berjalan, akhirnya keluar dan kerja Ceilling plaster. Setelah 3 bulan berhenti tukar lagi, kerja di MZS EXPRESSWAY kilang pembuatan tingkap dan segalanya yang berhubungan dengan kaca dan alumunium. Tapi, setelah 3 bulan berhenti lagi. Akhirnya kembali kerja di Ceilling Plaster. Pilihan itu memuaskan hati, itu saja.

Satu tahun di Negara ini, saya tidak pernah kemana-mana karena tidak tahu jalan dan tidak ada kawan yang bisa diajak nekat. Setelah, chat di grup bbm.ternyata saya jumpa kawan saya yang ada di malaysia, sudah 5 tahun tidak ada kabar. Malah jumpa di perantauan. Mereka adalah teman masa kecil saya dan tetangga saya. Tetangga agak jauh sih. Haha

Tempat tinggal kita tidak jauh, tapi pekerjaan yang menyulitkan kita untuk bertemu. Hari itu pertama kalinya nekat ngetrip dengan kawan, namanya Susir asli Lumajang bro. Ini dia sama saya, waktu du Batu Caves Hindu Temple’s Kuala Lumpur.

image

image

Lain kali disambung lagi ya. agak amburadul semuanya, karena sudah ngantuk. Ini sudah pukul 02.50am waktu malaysia. Next post lanjutannya ini ya. Hehe
H-44 menuju kepulangan. See you 😁

Tinggalkan komentar